Minggu, 23 April 2017

Tak Hanya Dampak Buruk, Melemahnya Nilai Tukar Rupiah Ternyata Memberikan Dampak Positif Juga!

pulpen cantik
Kondisi mengenai nilai tukar rupiah memang tidak bisa dipatok karena selalu berubah-ubah menyesuaikan kurs mata uang dollar Amerika. Saking cepatnya pergerakan dan perubahan tersebut maka masyarakat hampir tidak merasakan akan dampak yang diberikan. Padahal masalah nilai tukar mata uang sangatlah penting dan memberikan dampak besar terhadap negara Indonesia.



Apa Dampak Negatifnya?

Tentu saja masyarakat sudah tau dan hafal benar mengenai beberapa dampak buruk yang ditimbulkan karena nilai rupiah kalah dengan dollar Amerika. Salah satu akibat besarnya adalah menganggu sistem perekonomian sehingga membuat berbagai bahan pangan menjadi sangat mahal. Namun ada juga dampak lainnya, antara lain sebagai berikut:

1.     PHK Semakin Meningkat
Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK akan semakin merajalela jika kondisi tersebut tidak juga berakhir. hal tersebut karena perusahaan atau pabrik tidak mampu memenuhi target penjualan atau membeli bahan baku impor. Alhasil pemecatan buruh akan dilakukan untuk mengurangi kesulitan keuangan.

2.     Kemiskinan
Lemahnya rupiah juga sangat berdampak pada kehidupan masyarakat terutama untuk memenuhi kebutuhan pangan. Mahalnya bahan pokok akan membuat mereka semakin menderita apalagi bagi yang tidak memiliki pekerjaan.

3.     Kesehatan Masyarakat Menurun
Karena sulitnya mendapatkan bahan makanan yang cukup maka kesehatan masyarakat akan terganggu. Terlebih lagi para bayi dan balita yang kekurangan gizi sehingga membuat tumbuh kembang mereka juga kurang stabil.

4.     Anak Putus Sekolah
Mahalnya bahan pokok juga berdampak pada dunia pendidikan dimana anak-anak akan putus sekolah karena tidak mampu membayar uang SPP, iuran gedung, dan buku pelajaran.

Apa Dampak Positifnya?

Yang banyak diketahui masyarakat adalah kalau nilai rupiah menurun maka banyak dampak negatif yang muncul. Ternyata, ada juga dampak positif yang akan diterima negara jika kondisi tersebut sampai terjadi antara lain sebagai berikut:

1.     Mencintai Produk Dalam Negeri
Semakin melemahnya rupiah terhadap mata uang dollar akan mengakibatkan harga dari barang-barang menjadi sangat mahal, mulai dari bahan pokok, elektronik, sandang, hingga otomotif. Hal ini tentu saja akan membuat masyarakat enggan untuk membeli produk-produk impor yang harganya berkali-kali lipat dari harga sebelumnya. Oleh karena itu, kebanyakan dari mereka beralih ke produk dalam negeri sendiri yang harganya jauh lebih murah namun tetap berkualitas.

2.     Menyejahterakan Masyarakat
Ketika produk dalam negeri sendiri lebih diminati masyarakat maka secara otomatis kesejahteraan para pengusahanya juga meningkat. Ketika usaha tersebut berkembang pesat, mendapatkan banyak permintaan dan keuntungan maka semakin akan membutuhkan lebih banyak buruh atau pekerja. Dengan begitu lapangan kerja baru akan terbuka sehingga mampu mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

3.     Lebih Berhemat
Kondisi mata uang rupiah yang menurun ternyata mampu mengurangi sifat konsumtif dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Karena semuanya serba mahal maka mereka akan berfikir dua kali untuk membeli barang yang disukai dan menyimpang uang tersebut untuk keperluan lain.  
Itulah beberapa dampak negatif dan juga positif dari kondisi nilai tukar rupiah yang kalah dengan dollar Amerika. Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, akan lebih baik jika kita lebih waspada dan bijaksana dalam menyikapi masalah tersebut.

About the Author

pulpen cantik / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.